Rabu, 02 Januari 2013

Vitamin D

Manfaat vitamin D untuk tubuh sangat banyak. Vitamin ini memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga dapat menghancurkan bakteri dan virus yang ada dalam tubuh kita. Selain untuk kekebalan tubuh, vitamin yang satu ini juga sangat penting untuk penyerapan kalsium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Akibat dari kurangannya vitamin D dalam tubuh yang paling nyata adalah dapat menyebabkan tulang keropos.

Sebagai penduduk negara tropis, bangsa Indonesia seharusnya tidak kekurangan vitamin D. Matahari adalah sumber utama sinar ultraviolet beta yang akan membentuk vitamin D. Maka tak heran apabila nusantara kita yang hampir seluruh bagiannya selalu disinari oleh sinar matahari ini memiliki banyak pasokan sumber vitamin D. Namun, meningkatnya kesibukan dan jumlah bangunan di kota - kota besar membuat banyak anak - anak cenderung kehilangan sinar matahari pagi yang berkhasiat. Mereka harus berangkat sebelum matahari terbit untuk menghindari kemacetan dan tak banyak lagi ruang terbuka untuk bermain di lingkungan rumah dan sekolah.

Di kota - kota besar terutama pada masyarakat kelas menengah, kekhawatiran terhadap keamanan lingkungan membuat anak - anak jarang diperbolehkan bermain di luar rumah. Saat akhir pekan pun anak - anak lebih banyak diajak pergi ke mal oleh orang tua mereka, apalagi di sana juga tersedia fasilitas bermain. Padahal, khasiat vitamin D begitu luar biasa. Meski Indonesia mendapat sinar matahari hampir sepanjang tahun, hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak penduduk yang mengalami defisiensi vitamin D, terutama pada perempuan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar