Rabu, 02 Januari 2013

Beberapa Penyakit Pada Musim Hujan

Selamat Pagi Sahabat Blogger, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi yang mudah - mudahan bermanfaat, setidaknya bagi diri saya pribadi maupun para blogger sekalian. Akhir - akhir ini daerah kita sedang diliputi musim penghujan, tentunya hujan yang turun dalam jumlah besar tak hanya sekedar menaikkan risiko bencana banjir, tetapi juga 'bencana' bagi kesehatan kita. Memasuki bulan musim hujan, setidaknya kita selalu waspada terhadap penyakit musiman yang datang. Tak hanya influenza, diare dan infeksi saluran nafas saja yang perlu diwaspadai. Tetapi beberapa penyakit lainnya, yang sebelumnya tidak diduga. 

Seperti halnya Disentri, DBD (Demam Berdarah), Leptospirosis. Di musim penghujan, banyak makanan yang tidak hygienis dan tidak steril. Hal tersebut karena saat musim penghujan banyak orang - orang yang tidak memperdulikan kebersihan tangan setelah melakukan aktivitas di musim hujan. Makanan yang terinfeksi oleh parasit entamoeba hystolytica tadi kemudian akan masuk dan menular kepada orang lain melalui makanan dan air yang sudah terkontaminasi kotoran dan lalat. Infeksi parasit ini bisa menyebabkan peradangan pada usus besar yang ditandai dengan sakit perut dan buang air besar yang encer atau yang lebih dikenal dengan panyakit disentri. 

Sedangkan DBD (Demam Berdarah) disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang sering berkembang biak di dalam genangan air baik di tempayan, ember bahkan di dalam bak mandi yang jarang di bersihkan. Nyamuk Aedes Aegypti, ini selanjutnya menginfeksi tubuh manusia. Tubuh seseorang yang diinfeksi oleh nyamuk Aedes Aegypti akan menunjukkan gejala panas tiba - tiba kemudian sakit kepala berat. Terakhir yang perlu kita waspadai adalah Penyakit Leptospirosis. Bakteri Leptospira muncul dari kotoran tikus. Bakteri ini bisa masuk melalui luka ketika kontak dengan air banjir atau tanah lembab (becek) yang terkontaminasi dengan urin hewan yang terinfeksi. 

Ketiga penyakit diatas hanyalah beberapa gejala yang ditimbulkan karena pola hidup kita yang salah sewaktu musim hujan. Untuk menangani atau mencegah beberapa peyakit diatas, maka tidak ada cara lain selain dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan tubuh, mencuci tangan ketika mengambil makanan dan selalu membuang sampah di tempat yang sudah ditentukan. Sekian dari saya semoga dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Terimakasih ^^ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar