Selasa, 01 Januari 2013

Kacamata Futuristik Google

Google kembali merilis produk teknologi terbarunya. Meski masih dalam taraf uji coba, proyek kacamata futuristik "Project Glass" ini cukup menyita banyak perhatian. Tampilan sekilas kacamata ini hampir sama dengan kacamata yang kita pernah jumpai di film-film Star Trek. Megaproyek Google yang satu ini tak hanya untuk bergaya tetapi juga untuk menguji fitur augmented reality (AR) yang dibenamkan di dalamnya. Upaya ini menjadi yang pertama bagi Google dalam rancangan produk komputasi fisik yang bisa dipakai.


 
Kacamata ini menurut keterangan laman New York Times, dapat menampilkan informasi di lensanya dan memungkinkan si pemakai untuk bertukar pesan via fitur voice commands. Desain kacamata ini sangat futuristik. Bingkainya terbuat dari titanium, sehingga sangat ringan ketika dikenakan. Kacamata ini memproyeksikan gambar dan data virtual secara langsung ke mata penggunanya, dengan menerapkan teknologi augmented reality. Ia juga dibekali kamera yang dapat memotret dan merekam video tanpa sentuhan tangan.
 
Google belum menjelaskan secara rinci kapan kacamata futuristik itu akan dilempar ke pasaran dan berapa harganya. Namun sebuah informasi menyebutkan, kacamata super canggih itu rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2014 atau mungkin bisa saja pertengahan tahun 2013, dengan harga 250 dolar AS sampai 500 dolar AS. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah objek yang sama halnya  fantastis. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan dari proyek besar milik perusahaan google tersebut, tentunya hal ini menandai betapa pesatnya perkembangan teknologi didunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar