Rabu, 02 Januari 2013

Olahraga Yang Paling Cepat Membakar Kalori

Sebagai orang yang sibuk kita mungkin tidak sempat berolahraga, atau hanya sedikit waktu untuk melakukan olahraga. Padahal sebagai orang modern kita memiliki kesempatan untuk memasukkan kalori dalam jumlah banyak dari makanan - makanan lezat dan petualangan kuliner kita setiap hari. 

Agar tetap sehat diperlukan kegiatan harian dan olahraga yang bisa dan biasa kita lakukan, serta cukup banyak menghabiskan kalori. Menurut penelitian olahraga yang paling cepat membakar kalori adalah olahraga kardio intensitas tinggi yang disebut High Intensity Interval Training (HITT).

Latihan kardio ini mengkombinasikan antara fast walk-run-sprint dengan interval masing - masing variasi 1 menit selama total 30 menit yang dilakukan secara nonstop (1 menit jalan cepat - 1 menit lari - 1 menit sprint - lalu 1 menit jalan cepat - 1 menit lari). Latihan ini bisa dilakukan di jalan, jogging track, maupun di treadmill. Prinsipnya hampir sama dengan kelas dengan RPM / spinning bike yang mengkombinasikan antara fast pedal – sprint - climb dan dilakukan dengan total durasi 45 menit. 

Keduanya sama - sama akan membakar kalori sebanyak 500 - 800 per sesi, namun keuntungan dari melakukan HITT dalam waktu yang lebih singkat adalah anda akan dapat mempertahankan massa otot anda agar tetap dalam kondisi yang anabolik daripada melakukannya dalam waktu yang lebih lama. Sebelum berlatih pastikan anda sudah melakukan warming-up dan stretching terlebih dahulu sekitar 10 - 15 menit. Latihan naik tangga merupakan olahraga yang sangat baik untuk menurunkan bobot badan. Dengan waktu yang sama, maka naik tangga membakar kalori 400% lebih banyak dari pada berjalan kaki pada kecepatan 3,6 km/jam, 250% lebih banyak daripada berenang, 150% lebih banyak dari pada boling dan tenis, serta 23% lebih banyak daripada lari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar