Rabu, 10 Oktober 2012

Moment Membuat Alat Proyek Laboratorium Dasar

            Kejadiannya berawal disaat saya masih berada di semester 4, lebih tepatnya ketika kami memperoleh mata kuliah praktikum sistem digital. Saat itu saya dan kedua teman saya Khairul dan Sandhy mendapatkan tugas yakni membuat alat proyek yang berhubungan dengan sistem digital yang kemudian alat tersebut nantinya akan kami presentasikan. Menurut saya tugas ini sama hal-nya dengan PI (Penulisan Ilmiah) kelak saat kami duduk di semester 6 nantinya. Namun PI (Penulisan Ilmiah) lebih sulit dan rumit tentunya.

Kelompok kami memilih membuat alat proyek “Alarm Lemari Es” dan dikarenakan kami masih berada di laboratorium dasar oleh sebab itu setiap kelompok diberikan skematik rangkaian alat proyeknya masing – masing untuk mempermudah para praktikan. Sehubungan dengan itu saat kelompok kami diberi skematik rangkaiannya dari laboratorium, kami pun segera mendiskusikan tugas setiap anggota dan menyusun jadwal kerja kelompok. Kedua rekan sekelompok saya Khairul dan Sandhy mendapat tugas membeli seluruh komponen, sedangkan saya mendapat tugas memesan box akrilik sebagai wadah proyek kami nantinya. 

Pada saat membuat proyek kami mengalami banyak kegagalan. Mulai dari salah membeli komponen yang dibutuhkan, salah menggambar jalur pada PCB dan salah merangkai komponen yang sudah hampir selesai. Namun kami menganggap itu semua hanya sebagai tahapan dari pembelajaran. Kami bersyukur setelah melewati banyak hambatan akhirnya alat proyek kami yang berjudul Alarm Lemari Es pun jadi. Sudah lebih dari 2 minggu kami mencoba membuat dan menyempatkan sesekali berkonsultasi dengan penanggung jawab proyek kami. Proyek kami akhirnya selesai sepenuhnya, alat yang kami buat berhasil berfungsi dengan baik dan makalahnya pun sudah tersusun dengan rapih. Kami merasa senang dan sedikit bangga terhadap diri kami. Ternyata tidak ada kata tidak bisa selagi kita tidak mencoba dan tidak ada hal yang sia – sia selagi kita tekun untuk menyelesaikannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar